Sambut Bulan Ramadan dan Simak Tips Bugar Selama Puasa

Bulan Ramadan menjadi salah satu momen spesial yang dinanti oleh setiap umat muslim di dunia. Bulan penuh ampunan ini akan diisi dengan aktivitas ibadah setiap harinya, salah satunya yakni puasa. Saat puasa, setiap umat muslim hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman saat sahur dan juga berbuka. Sehingga kebiasaan untuk makan dan minum pada siang hari sementara harus ditinggalkan. Agar bisa menjalankan aktivitas secara maksimal, Anda tentu perlu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh secara maksimal. Berikut ini beberapa tips bugar selama puasa yang bisa Anda terapkan:

Jangan lewatkan sahur

Melewatkan sahur menjadi hal yang sebaiknya Anda hindari selama bulan puasa. Pasalnya, sahur dapat membuat tubuh Anda tetap memiliki tubuh yang fit serta dapat beraktivitas lebih maksimal selama bulan puasa. Pasalnya, makanan yang Anda konsumsi selama sahur akan berubah menjadi asupan energi. Tanpa melakukan sahur, tentu Anda tidak memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Agar perut Anda dapat merasa kenyang lebih lama, sebaiknya memilih untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran, biji-bijian, dan lain sebagainya 

Lengkapi Kebutuhan Cairan

Seperti yang Anda ketahui, air menjadi komponen terpenting dari tubuh kita. Meski melakukan puasa, Anda tetap diwajibkan untuk melengkapi kebutuhan cairan. Pastikan Anda setidaknya meminum delapan gelas air mineral setiap hari. Di sisi lain, sebaiknya Anda sementara menghindari konsumsi kafein selama sahur. Pasalnya, kafein memiliki kandungan yang dapat membuat Anda ingin buang air kecil terus-menerus. Hal satu ini akan membuat cairan di tubuh Anda menghilang dengan lebih cepat. Untuk terhindar dari hal tersebut, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi kafein selama bulan puasa, ya.

Jangan Makan Berlebihan

Berbuka tentu menjadi waktu yang sangat dinanti oleh mereka yang sedang menjalankan puasa. Waktu berbuka seringkali dijadikan ajang balas dendam pada perut yang sepanjang hari menahan lapar dan juga dahaga. Sehingga tidak sedikit dari Anda yang makan berlebihan saat bulan puasa. Hal satu ini tentu tidak baik bagi kesehatan Anda. Mengkonsumsi makanan secara berlebihan hanya akan membuat perut mudah mengalami kembung. Untuk menghindari hal tersebut, konsumsi makanan secukupnya meski pada saat berbuka puasa. Anda bisa menikmati makanan ringan terlebih dahulu sebelum nantinya menikmati makanan yang cukup berat.

Olahraga

Meski tubuh dilarang makan dan minum di siang hari, bukan berarti Anda tidak melakukan olahraga selama bulan puasa. Aktivitas satu ini tetap perlu Anda lakukan secara rutin agar tubuh tetap bugar. Anda bisa melakukan olahraga ringan saja yang tidak menguras banyak energi, seperti jogging, jalan kaki, atau bersepeda.

Tidur yang Cukup

Pola tidur juga menjadi hal yang perlu Anda perhatikan selama bulan puasa. Memiliki waktu tidur yang kurang hanya akan membuat Anda semakin mudah mengalami kantuk di siang hari. Hal satu ini tentu dapat membuat Anda tidak bertenaga untuk beraktivitas. Untuk itu, pastikan bahwa waktu tidur Anda cukup selama bulan puasa berlangsung. Sebisa mungkin hindari begadang jika memang tidak diperlukan.

Setelah mengetahui tips bugar yang telah disebutkan di atas, kini saatnya Anda mulai mempersiapkan persediaan makanan untuk menyambut Bulan Ramadhan. Berbagai macam produk yang Anda butuhkan dapat dengan mudah ditemukan di Alfamart. Segera kunjungi Alfamart terdekat dan nikmati berbagai macam diskon dan promo yang ada!

Comment here