Simak Tips Mudik Aman dan Menyenangkan Bersama Alfamart

Tanpa terasa tahun yang baru kembali berulang, dan kali ini bulan suci Ramadhan sudah hampir di depan mata. Berbicara tentang euforia bulan suci tentulah tidak terlepas dari antisipasi masyarakat terhadap Idul Fitri dan mudik. Mudik atau pulang kampung adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang berdomisili di kota untuk mengunjungi kampung halaman mereka. Momen Idul Fitri memang menjadi momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga besar dan menjalin silaturahmi. Namun agar aktivitas mudik Anda nantinya menjadi lebih nyaman dan aman, berikut adalah tips mudik yang perlu Anda perhatikan. 

  1. Mengecek Kondisi Kendaraan

Apabila Anda mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka sangatlah wajib hukumnya untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum menempuh perjalanan jauh. Pastikan mesin, ban, dan rem berada dalam kondisi yang prima. Jika Anda tidak bisa mengutak-atik mesin kendaraan sendiri, ada baiknya untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel untuk dicek ada-tidaknya bagian mesin yang perlu diperbaiki. Jangan lupa untuk mengganti oli sebelum keberangkatan sehingga mobil atau sepeda motor Anda dapat tetap melaju dengan nyaman. Anda sekeluarga pun bisa menikmati mudik dengan aman hingga sampai tujuan.

  1. Perhatikan Kapasitas Penumpang

Mudik ramai-ramai memang mengasyikkan, apalagi jika Anda memiliki mobil baru. Tapi Anda harus tetap bijak dalam menampung penumpang di dalam mobil. Pasalnya setiap mobil tentu memiliki kapasitas maksimal yang dapat diangkut. Jika mobil mengangkut penumpang dengan kapasitas yang jauh di atas batas maksimal, maka mobil akan terasa sangat berat saat disetir. Bahkan akan sangat berbahaya jika Anda menyetir di medan yang berkelok-kelok dan menanjak karena mobil akan lebih mudah kehilangan keseimbangan. 

  1. Membawa Uang Tunai Secukupnya

Terlepas dari kemunculan fasilitas pembayaran E-Money, beberapa fasilitas umum tentunya mewajibkan Anda untuk membayar dengan menggunakan uang cash. Apalagi jika Anda mudik ke daerah pelosok, bisa dipastikan hampir semua metode pembayaran masih menggunakan uang tunai. Oleh karena itu, sebelum berangkat mudik ada baiknya untuk mampir ke ATM untuk menarik sejumlah uang tunai. Anda juga bisa mengunjungi minimarket Alfamart yang menyediakan mesin ATM dari bank-bank terkemuka di Indonesia untuk menarik sejumlah uang. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menyediakan sejumlah uang receh sehingga proses transaksi dapat berlangsung lebih cepat dan Anda juga tidak perlu menunggu uang kembalian. 

  1. Bawa Stok Makanan dan Minuman

Kondisi jalanan selama musim mudik bisa dipastikan akan sangat macet. Terlebih lagi beberapa minggu menjelang hari raya Idul Fitri. Jika Anda sedang apes dan terjebak macet, bisa dipastikan rasa suntuk pun akan menyerang. Apalagi jika Anda melewati jalan-jalan dimana tidak tersedia rumah makan di daerah bahu jalan. Rasa kantuk dan lapar pastinya membuat Anda senewen. Itulah mengapa sangat penting untuk membeli sejumlah makanan dan minuman sebelum berangkat. Anda bisa mampir terlebih dulu ke minimarket Alfamart untuk membeli berbagai makanan ringan, roti, dan tentunya minuman untuk menemani perjalanan mudik. Jika perlu, Anda juga bisa mendengarkan musik untuk menjaga agar mood keluarga tetap happy walaupun sedang terjebak di dalam kemacetan. Tips mudik nyaman ini menjamin perjalanan mudik Anda akan tetap terasa menyenangkan.

  1. Istirahat Saat Mengantuk Atau Kelelahan

Menempuh perjalanan ratusan kilometer tentunya akan membuat tubuh Anda kelelahan, apalagi jika sampai terjebak di dalam kemacetan. Walaupun Anda ingin segera sampai ke tempat tujuan dan beristirahat di sana, jika rasa lelah mulai menghinggap sebaiknya jangan nekat dan segera menuju ke rest area terdekat. 

Ini merupakan tips mudik aman yang sangat penting karena kebanyakan kecelakaan disebabkan oleh pengemudi yang kelelahan namun tetap nekat melanjutkan perjalanan. Rest area didesain secara khusus untuk menunjang kebutuhan istirahat Anda selama perjalanan. Jika Anda merasa mengantuk, maka tidurlah sejenak agar tubuh dan pikiran kembali segar dan siap melanjutkan perjalanan. 

Mudik akan terasa lebih menyenangkan dengan persiapan yang matang. Semoga tips mudik di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat mempersiapkan mudik bersama keluarga!

Comment here