Kedatangan Bulan Ramadan kini bisa Anda hitung hanya dengan menggunakan jari saja. Itu artinya, Bulan Ramadan semakin dekat. Banyak hal yang perlu Anda persiapkan dengan baik saat akan menyambut bulan suci yang satu ini, salah satunya yakni dengan menjaga tubuh agar senantiasa bugar. Semakin bugar tubuh yang dimiliki, tentu Anda akan semakin siap untuk menjalankan bulan puasa selama satu bulan penuh. Menjalankan bulan Ramadan dengan tubuh yang kurang fit dan tidak bugar hanya akan membuat Anda mudah lemas dan tidak bersemangat. Agar hal tersebut tidak terjadi, simak tips bugar selama puasa berikut ini:

Jangan Sampai Melewatkan Sahur

Agar energi di tubuh Anda dapat tercukupi dengan baik, sebisa mungkin Anda tidak melewatkan sahur selama menjalani ibadah puasa. Menjalani aktivitas sepanjang hari dengan energi yang kurang akan membuat Anda Anda menjadi lemas dan tidak bertenaga. Di sisi lain, menu makanan yang dinikmati selama sahur juga perlu Anda perhatikan dengan baik. Usahakan Anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Pasalnya, makanan berserat akan membuat perut Anda kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Secara tidak langsung, Anda pun tidak mudah kelaparan meski sedang menjalani ibadah puasa.

Penuhi Asupan Cairan di Tubuh

Baik saat sedang menjalankan ibadah puasa maupun tidak, kebutuhan akan cairan perlu Anda penuhi dengan baik. Meski sedang berpuasa, Anda juga tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih minimal delapan gelas dalam satu hari. Anda bisa mengkonsumsinya dua gelas air saat sahur, dua gelas air saat berbuka, dan empat gelas di malam hari hingga menjelang tidur. Memenuhi asupan cairan di tubuh selama puasa juga akan menjauhkan Anda dari dehidrasi.

Konsumsi Makanan Menyehatkan

Beberapa makanan perlu Anda hindari agar tubuh dapat senantiasa sehat, salah satunya yakni makanan berminyak. Meski tidak dapat dihindari sepenuhnya, Anda perlu mengurangi konsumsi makanan berminyak sebisa mungkin. Jika tidak Anda kontrol dengan baik, kolesterol yang dimiliki dapat bertambah secara drastis. Mengkonsumsi makanan yang terlalu manis secara terus-menerus juga sebaiknya tidak Anda lakukan. Selain dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang drastis, hal tersebut juga dapat membuat tubuh Anda mudah lelah.

Olahraga Secara Rutin

Berolahraga menjadi hal yang tetap perlu Anda lakukan selama menjalani ibadah puasa. Berolahraga tentu akan membuat tubuh Anda tetap bugar sepanjang hari. Berbeda dengan hari biasa, selama bulan puasa Anda hanya perlu melakukan olahraga yang ringan saja. Baik itu sekedar berjalan kaki, melakukan workout ringan, bersepeda, atau bahkan jogging di sekitar rumah Anda. Olahraga sendiri bisa Anda lakukan selama kurang lebih 30 menit saja. Lakukan olahraga setidaknya tiga kali seminggu untuk menjaga kondisi tubuh. Olahraga bisa dilakukan di sore hari menjelang berbuka.

Pola Tidur yang Baik

Selain beberapa tips yang telah disebutkan di atas, hal lainnya yang tidak kalah penting yakni dengan memiliki pola tidur yang baik. Tidak memiliki pola tidur yang cukup hanya akan membuat tubuh Anda mudah lemas dan mengantuk selama menjalani ibadah puasa. Untuk itu, pastikan Anda tetap memiliki pola tidur yang baik dan cukup selama Bulan Ramadan.

Kelima tips bugar selama puasa di atas perlu Anda perhatikan dengan baik selama menjalani ibadah puasa nantinya. Hal lain yang tidak kalah penting yakni dengan memiliki persediaan makanan di rumah. Berbagai macam kebutuhan bahan makanan yang Anda butuhkan kini telah tersedia di Alfamart secara lengkap. Segera buat daftar belanjaan Anda dan kunjungi Alfamart sekarang juga!

Comment here