Tutorial Resep Dalgona Coffee Paling Mudah Versi Anda

Belakangan ini, sosial media sedang diramaikan dengan dalgona coffee. Di mana proses pembuatan dan foto minuman tersebut akan sering berseliweran di berbagai macam sosial media yang Anda miliki. Dalgona coffee sendiri merupakan sebuah minuman kopi yang hadir dengan dua lapisan yang berbeda. Pada lapisan bawah sendiri merupakan susu putih dingin dicampur dengan busa kopi pada bagian atasnya. Nama dalgona sendiri diberi oleh seorang aktor yang berasal dari Korea Selatan. Meski demikian, mereka yang bukan merupakan seorang K-Popers juga tertarik untuk membuat kopi satu ini.

Mixer menjadi salah satu peralatan masak yang diklaim mampu memudahkan Anda dalam membuat kopi satu ini. Meski demikian, Anda yang tidak memiliki mixer di rumah masih bisa mencoba membuat dalgona coffee sendiri. Kini telah banyak bermunculan resep dalgona coffee yang tidak membutuhkan adanya mixer. Hal yang perlu diperhatikan saat akan membuat dalgona coffee yakni perihal pembuatan busa kopi di bagian atasnya. Pembuatan busa kopi yang unik membuat dalgona coffee begitu populer dan menantang untuk dicoba.

Banyak orang yang mengaku bahwa langkah pembuatan busa ini yang paling melelahkan dan menyita waktu. Meski demikian, hal tersebut tidak menyurutkan niat banyak orang untuk membuat kopi satu ini. Agar pembuatan busa kopi dapat lebih menghasilkan tekstur yang diinginkan, sebaiknya penggunaan air tidak terlalu banyak. Anda bisa menggunakan komposisi 1:1:1, antara kopi bubuk, gula, dan juga air hangat. Agar warna busa dalgona coffee semakin bagus, penggunaan gula cokelat lebih disarankan. Jangan lupa juga untuk menggunakan air hangat agar proses pelarutan kopi dan gula semakin mudah. Langsung saja, berikut ini resep dalgona coffee yang bisa Anda praktekkan di rumah:

Bahan:

Kopi bubuk instan 2 sdm

Susu sapi

Evaporated milk/ santan (opsional)

Es batu secukupnya

Gula (white atau brown) 2-3 sdm

Air hangat 2-3 sdm

Langkah pembuatan:

Campurkan kopi bubuk, gula, dan air hangat dalam satu wadah. Aduk ketiga bahan tersebut secara merata menggunakan bagian bawah saringan selama kurang lebih tiga menit. Untuk lebih memudahkan Anda dalam proses mengaduk, gunakan piring atau mangkuk yang berbentuk ceper. Pastikan campuran ketiga bahan tersebut menghasilkan warna yang tampak pucat dan busa kopi semakin berbentuk serta tidak jatuh.

Masukkan susu sapi, evaporated milk atau santan, dan es batu ke dalam sebuah gelas. Penggunaan evaporated milk akan membuat kopi Anda memiliki rasa yang lebih gurih. Jika tidak ada, bahan satu ini tidak wajib untuk digunakan.

Letakkan busa kopi yang telah dibuat sebelumnya di bagian atas susu secara perlahan dan bentuk sesuka hati Anda.

Dalgona coffee siap disajikan.

Bagi Anda yang suka menikmati kopi atau minuman creamy, resep dalgona coffee tentu wajib Anda praktekkan di rumah. Membuat dalgona coffee juga bisa Anda jadikan sebagai aktivitas untuk mengisi hari-hari selama di rumah saja. Jangan lupa untuk juga membagikan hasil karya dalgona coffee Anda di sosial media yang dimiliki.

 

Membeli berbagai macam bahan untuk membuat dalgona coffee secara lengkap dapat dengan mudah Anda temukan di Alfamart terdekat. Adanya promo dan potongan harga menarik yang ditawarkan minimarket satu ini setiap harinya juga bisa membuat Anda berbelanja dengan lebih hemat. Kunjungi Alfamart terdekat sekarang juga dan nikmati dalgona coffee ala Anda sekarang juga!

Comment here