Hanya tinggal menghitung hari saja, Anda sudah akan menyambut bulan Ramadhan. Selama bulan suci, seluruh umat muslim di dunia secara serempak akan melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh lamanya. Tentunya salah satu rutinitas yang tidak pernah terlewat adalah sahur. Sahur adalah aktivitas makan yang dilakukan saat matahari belum terbit sebagai pengganti sarapan pagi. Karena setelah sahur Anda tidak diperbolehkan untuk makan dan minum, maka santapan sahur pun harus memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukung segala aktivitas Anda seharian penuh. Tidak harus ribet, ada banyak sekali hidangan masakan sahur mudah yang bisa Anda sajikan untuk keluarga. Simak tips berikut, yuk.

  1. Keripik Kentang Mustofa

Menyantap sahur tentunya jadi terasa kurang lengkap tanpa kehadiran keripik kentang Mustofa. Keripik kentang ini memiliki tekstur yang tipis dan renyah dengan rasa bumbu Nusantara yang sangat lezat, sehingga membuat setiap suapan jadi terasa makin nikmat. Keripik kentang ini umumnya disajikan bersama dengan nasi kuning atau nasi uduk. Namun Anda juga dapat menjadikannya sebagai hidangan pelengkap untuk berbagai macam santapan. Anda bahkan dapat mengkreasikan masakan sahur mudah ini untuk keluarga. Bahan utama yang Anda perlukan tentunya adalah kentang sebanyak 1 kilogram dan bumbu memasak seperti bawang putih, gula pasir, garam, minyak goreng, dan bumbu penyedap. Anda dapat memperoleh beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat keripik kentang Mustofa ini dengan harga murah meriah di minimarket Alfamart dengan harga terjangkau.

  1. Nugget Tempe

Tempe merupakan hidangan olahan kedelai yang memiliki kandungan nutrisi melimpah. Jika si kecil terlihat bosan dengan menu tempe goreng yang itu-itu saja, saatnya berkreasi dengan membuat nugget tempe. Nugget tempe memiliki tampilan khas chicken nugget yang tentunya menarik perhatian si kecil. Anak Anda pun tentunya akan semakin lahap untuk menyantap menu sahurnya. Selain tempe, Anda juga memerlukan bahan-bahan lain, seperti minyak goreng, tepung panir, telur, garam, dan merica. Anda dapat membuat adonan nugget tempe di saat waktu berbuka, setelah itu baru menyimpan adonan tersebut di dalam freezer. Saat waktu sahur tiba, Anda hanya perlu menggorengnya. Sederhana, kan?

  1. Tempe Penyet

Selain kreasi nugget tempe, Anda juga dapat mengolah menu tempe menjadi sajian tempe penyet yang lezat. Tempe penyet merupakan tempe yang digoreng dan dipenyet-penyet di dalam cobek berisikan sambal. Hidangan khas Indonesia ini bisa menjadi salah satu menu masakan sahur mudah yang dapat Anda sajikan untuk keluarga. Cara membuat tempe penyet ini pun relatif sangat mudah dan cepat. Untuk sajian sambal, Anda dapat menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai dengan selera. Jika Anda atau pasangan tidak menyukai makanan pedas, maka Anda dapat membuat sambal tomat sebagai hidangan pelengkap. Citarasa tempe penyet ini pun akan terasa semakin nikmat dengan sajian pelengkap, seperti taburan tepung kremes yang lezat. Untuk beberapa bahan tempe penyet seperti bumbu gula, terasi, dan garam dapat diperoleh dengan berbelanja di minimarket Alfamart terdekat dari rumah.

  1. Makaroni Telur

Salah satu sajian kreasi masakan sahur mudah lainnya yang umum dibuat adalah makaroni telur. Hidangan ini menggabungkan telur goreng dengan citarasa yang gurih dan makaroni yang mampu memperkuat tekstur lembut dan pastinya sangat menggoyang lidah. Beberapa bahan utama yang Anda butuhkan antara lain macaroni elbow, telur, mentega Blue Band, keju cheddar yang diparut, dan kornet sapi, yang kesemuanya bisa Anda peroleh di Alfamart. Sajian lezat ini hanya mengkonsumsi total waktu 25 menit sehingga sangat ideal untuk dijadikan sebagai lauk sahur.   

Demikianlah sejumlah sajian masakan sahur mudah lezat yang sangat wajib untuk Anda coba. Selamat berkreasi ria dan semoga inspirasi menu di atas dapat meningkatkan semangat berpuasa Anda sekeluarga.

Comment here