Saat ini, masyarakat sedang disibukkan dengan persiapan untuk menghadapi new normal atau kebiasaan yang baru. Istilah new normal sendiri muncul akibat pandemi yang belum juga berakhir namun masyarakat harus kembali menjalankan roda ekonomi. Penerapan new normal membuat masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti semula namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Sehingga meski masyarakat mulai beraktivitas, jumlah pasien positif tidak lagi naik secara drastis. Agar pelaksanaan new normal dapat berjalan dengan aman, simak tips menjalani new normal  berdasarkan Europol (Badan Khusus Kriminal Uni Eropa) berikut:

Rumah

Berakhirnya PSBB dan penerapan new normal, membuat Anda kini mulai kembali bekerja secara langsung di kantor. Saat beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker sebagai upaya menghambat penyebaran virus. Bawa masker cadangan di dalam tas apabila Anda menggunakan masker kain. Jangan lupa untuk rutin membersihkan tangan dengan hand sanitizer sebelum dan sesudah melakukan aktivitas tertentu. Di sisi lain, hal yang tidak kalah penting yakni memastikan bahwa kondisi rumah Anda dalam kondisi yang terkunci rapat. Baik itu pintu ataupun jendela. Hal ini menghindari adanya tindak pencurian pada rumah Anda. Bagi Anda yang aktif bermain sosial media, jangan beri informasi secara detail mengenai tempat tinggal Anda, ya. 

Data

Kemunculan pandemi ini membuat berbagai macam aktivitas mulai dilakukan secara online. Baik itu melakukan pembelian hingga berkomunikasi dengan kerabat dekat. Untuk itu, Anda perlu lebih berhati-hati dalam menggunakan media online itu sendiri. Hindari penggunaan sarana komunikasi yang tidak terbukti keamanannya. Sebaliknya, hanya gunakan aplikasi dengan rating yang baik serta bisa menjamin data pribadi penggunanya. Hal ini akan membuat data pribadi Anda lebih aman dan terlindungi. Jangan mudah untuk memberikan informasi pribadi seperti password pada siapa saja. Akan sangat berbahaya jika oknum tidak bertanggung jawab mengetahui kode rahasia Anda dan berniat melakukan pencurian akun.

Anak

Jangan lupa untuk memberikan penjelasan pada buah hati mengenai kondisi saat ini yang sedang terjadi. Temani dia beraktivitas di rumah agar tidak mudah bosan dan tetap mau berdiam diri di dalam rumah guna mencegah penyebaran virus. Pantau juga berbagai macam aktivitas online yang dia lakukan setiap harinya. Pastikan buah hati Anda tidak mengakses konten yang belum saatnya untuk diakses. Jangan sampai membiarkan buah hati menggunakan gadget di ruang pribadi seperti kamar. Terapkan waktu tertentu kapan dia boleh mengakses smartphone.

Keuangan

Selama pandemi belum berakhir, transaksi pembelian secara online tentu lebih baik dibandingkan dengan secara konvensional. Pasalnya, transaksi konvensional memungkinkan Anda bertemu dengan banyak orang dan melakukan transaksi dengan uang fisik. Mengingat uang bisa menjadi media penyebaran virus, tentu transaksi online jauh lebih baik. Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan aplikasi yang Anda gunakan untuk bertransaksi. Pastikan Anda menggunakan situs yang telah terpercaya untuk menghindari terjadinya tindak penipuan online.

Pastikan tips yang telah disebutkan di atas, Anda terapkan dengan baik, ya. Untuk lebih menunjang jalannya new normal, jangan lupa untuk juga selalu memiliki persediaan masker dan hand sanitizer. Jika persediaan Anda habis, jangan khawatir. Kini masker kesehatan dan hand sanitizer sudah tersedia dengan harga yang normal di Alfamart. Ingin membelinya secara online? Unduh aplikasi Alfagift sekarang juga, ya!

Comment here