Saat ini istilah “new normal” atau kehidupan normal yang baru marak digaungkan. Hal tersebut sehubungan dengan pandemi COVID-19 yang diperkirakan tidak akan berakhir dalam jangka waktu dekat. Tentunya Anda pun tidak dapat untuk terus-terusan berada di dalam rumah. Karena bagaimanapun juga, roda kehidupan dan perekonomian harus terus berjalan. Oleh karena itulah, pemerintah memutuskan untuk menghentikan PSBB dan mulai menghimbau masyarakat untuk menjalani kehidupan normal yang baru. 

Dalam gaya hidup new normal ini, mengenakan masker saat keluar rumah menjadi standar hidup yang baru. Tak hanya itu, ada beberapa hal lainnya yang harus Anda perhatikan agar dapat cepat beradaptasi dengan kehidupan yang baru ini:

  1. Keluar Rumah di Masa New Normal

Walaupun masa PSBB sudah berakhir, namun tetap saja Anda tetap harus menerapkan protokol yang ada. Salah satunya adalah jangan keluar rumah saat Anda merasa tidak enak badan atau hanya keluar rumah saat ada keperluan yang benar-benar mendesak. Hindari tempat yang ramai dan langsung pulang setelah urusan Anda selesai. Sesampainya di rumah, jangan lupa untuk membuka alas kaki sebelum masuk rumah, lepaskan pakaian yang Anda kenakan dan masukkan pakaian tersebut ke dalam mesin cuci. Jangan lupa untuk mengganti pakaian yang bersih dan mandi dengan bersih sebelum berkumpul bersama keluarga.

  1. Berbelanja di Masa New Normal

Mau tidak mau, tentunya Anda tetap harus pergi keluar untuk berbelanja berbagai kebutuhan sehari-hari. Saat berbelanja, pilihlah lokasi yang menerapkan physical distancing. Selain itu, jangan lupa untuk membawa hand sanitizer untuk digunakan setelah menyentuh barang-barang dan uang. Salah satu lokasi teraman untuk berbelanja di masa pandemi ini adalah Alfamart. Minimarket ini menerapkan sejumlah standar baru untuk menjamin kenyamanan dan keamanan Anda selama berbelanja. Alfamart menyediakan tempat mencuci tangan di depan pintu masuk lengkap dengan sabun yang bisa Anda gunakan sebelum dan setelah berbelanja. 

Selain itu, Alfamart juga menerapkan physical distancing dengan memberikan garis khusus yang harus Anda ikuti saat mengantri di depan kasir. Para pegawai juga mengenakan sarung tangan, masker, dan face shield untuk membantu melindungi diri sendiri dan konsumen yang datang untuk berbelanja. Penggunaan hand sanitizer untuk kasir pun menjadi suatu kewajiban. Bagi Anda yang ingin meminimalisir kontak juga dapat menggunakan layanan E-Money atau gesek ATM yang disediakan sebagai alternatif pembayaran uang tunai. 

  1. Belanja Minim Kontak dengan Aplikasi Alfagift

Bagi Anda yang enggan untuk keluar rumah juga dapat berbelanja di Alfamart dengan menggunakan Alfagift. Aplikasi mobile ini bisa Anda unduh secara gratis di App Store untuk memenuhi kebutuhan belanja secara online. Anda dapat berbelanja dengan santai dan aman di dalam rumah, dan produk-produk yang Anda beli pun akan diantar sampai di rumah. Anda juga bisa menggunakan layanan pick-up service untuk mengambil produk-produk yang dibeli di lokasi Alfamart terdekat. 

  1. Bekerja Selama Masa New Normal

Menyusul kebijakan new normal dari pemerintah, semua perusahaan dan badan usaha pun diputuskan untuk dibuka kembali secara bertahap. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para pemilik usaha, yaitu penerapan ruang kerja dengan sistem physical distancing dan penghapusan sistem lembur. Saat berada di kantor, ada baiknya untuk membawa bekal sendiri dari rumah dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Demikianlah sejumlah tips menjalani new normal atau kehidupan normal yang baru. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda menyesuaikan diri dengan lebih cepat. Stay safe!

Comment here